08 May 2023

InJourney Cetak Kenaikan Laba Lebih dari 100% pada TW I-2023

JAKARTA, 7 Mei 2023 - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mencatatkan kinerja signifikan pada triwulan I-2023. Sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, InJourney mencetak laba konsolidasi Rp355,6 miliar (unaudited) atau naik 126,7% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Pencapaian itu seiring dengan peningkatan signifikan pendapatan usaha konsolidasi InJourney triwulan I-2023 yang naik 72,7% dibanding dengan triwulan I-2022 yaitu menjadi Rp 5,04 triliun.

Edwin Hidayat Abdullah, Wakil Direktur Utama InJourney, menuturkan bahwa kenaikan tersebut tidak terlepas dari dukungan masyarakat, pemerintah, dan stakeholder serta kerja keras seluruh insan InJourney Group. "Adanya penurunan kasus Covid-19, pelonggaran PPKM, akselerasi vaksinasi dan booster menjadi instrumen utama transisi dari pandemi menuju endemi. Kondisi pandemi yang semakin terkendali ini mendorong pemulihan dan peningkatan mobilitas serta perputaran perekonomian masyarakat. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mendorong peningkatan traffic pesawat dan penumpang. Kondisi ini juga diperkuat dengan adanya liburan Natal dan Tahun (Nataru) yang semakin mendongkrak kunjungan wisatawan hingga membawa dampak positif bagi seluruh anggota Holding di InJourney," terang Edwin.

Kondisi tersebut memberikan dampak pada peningkatan pendapatan. Pendapatan konsolidasi ini berasal dari kontribusi 5 anggota Holding InJourney yaitu: PT Angkasa Pura I (AP I), PT Angkasa Pura II (AP II), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC), PT Hotel Indonesia Natour (HIN) dan PT Sarinah. Dimana sektor airport management menjadi kontributor terbesar perseroan.

AP I dan AP II masing-masing berkontribusi sebesar 38,7% dan 54,7% dari keseluruhan holding. AP I membukukan pendapatan Rp1,9 triliun atau naik 109,1% dari Triwulan I-2022. Sementara, AP II mencatatkan pendapatan sebesar Rp2,8 triliun meningkat 75,4% dari triwulan I-2022. Pergerakan penumpang pada triwulan I-2023 terealisasi 251.019 pergerakan penumpang atau meningkat 4,5% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pergerakan pesawat triwulan I-2023 terealisasi 28.051 ribu pergerakan pesawat atau meningkat 3,0% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Pada Sektor retail, PT Sarinah berkontribusi sebesar 3,8% dari pendapatan usaha konsolidasian yaitu Rp193 miliar. Sedangkan pada sektor destinasi pariwisata heritage management (TWC) dan hotel management (HIN) juga berkontribusi masing-masing sebesar Rp77 miliar dan Rp17 miliar.

Edwin menjelaskan bahwa jumlah pengguna jasa Heritage Park Triwulan I-2023 terealisasi sebanyak 873.907 orang dengan wisatawan nusantara sebanyak 838.660 orang dan wisatawan mancanegara 35.247 orang. Baik jumlah wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara mengalami peningkatan. Peningkatan sangat signifikan diperoleh oleh jumlah wisatawan mancanegara yaitu 3.302%.

Implementasikan Strategic Objective “Boosting Tourism Recovery

Edwin juga menerangkan raihan ini tak lepas dari langkah-langkah InJourney sebagai BUMN Ekosistem Pariwisata dan Pendukungnya yang terus meningkatkan kinerja perusahaan dengan manajemen operasi berbasis trafik, transformasi bisnis, serta langkah-langkah strategic objective “Boosting Tourism Recovery”.

Hal itu dilakukan melalui konsep Mission-based Ecosystem dengan 3 pilar. Pertama, Grow Traffic Beyond Recovery yakni dengan meningkatkan trafik penerbangan dan pariwisata di tengah proses pemulihan dengan improving international direct flight connectivity. InJourney berkolaborasi dengan key airlines dalam meningkatkan direct flight baik domestik maupun internasional, orkestrasi dengan pengelola pariwisata lokal melalui pengembangan tourism hub, serta meningkatkan bisnis non aero di bandara-bandara yang dikelola AP I dan AP II melalui penataan layout dan tenant mixing.

Kedua, Develop Destination & Experience yakni dengan mengembangkan destinasi pariwisata serta menciptakan pengalaman yang berkesan bagi setiap wisatawan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan marketing and distribution dengan penyelenggaraan event & promotion, product bundling, develop tourism platform dan sebagainya.

“Kenaikan kinerja ini tidak lepas dari inisiatif yang dilakukan oleh InJourney untuk percepatan pemulihan sektor pariwisata. Tahun ini InJourney telah menyelenggarakan event internasional untuk meningkatkan trafik pariwisata, diantaranya Kejuaraan Dunia F1Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba dan Superbike World Championship (WSBK) Indonesian Round 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).,” tambah Edwin. Selain itu, InJourney melakukan destination & experience development antara lain program KEK Sanur, pengembangan kawasan Golo Mori, dan sebagainya.

Ketiga, Transform Core & Supporting Business yang dilakukan dengan melakukan transformasi portofolio perusahaan dan membentuk bisnis pendukung Aviation Service & Cargo (ASC) subholding, diantaranya: financial restructuring member; integrasi travel management; implementasi airport transformation tahap I antara AP I dan AP II; mengembangkan Hotel Indonesia Group (HIG) hotel network melalui kerja sama operatorship.

Di Triwullan II ini, InJourney tengah berfokus untuk turut serta mendukung penyelenggaraan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan dihelat di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 7-11 Mei 2023. Dalam upaya mendorong pertumbuhan pariwisata nasional, saat ini InJourney melalui anak usahanya, yaitu AP I dan AP II juga fokus dalam melakukan pembukaan rute-rute baru dalam rangka mengakselerasi pemulihan pada sektor penerbangan. Selain itu, InJourney juga mempersiapkan Candi Borobudur yang akan menjadi venue untuk tradisi perayaan Waisak di awal Juni nanti.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan dengan langkah-langkah strategic objective “Boosting Tourism Recovery” serta terus berkolaborasi dengan anggota Holding dan seluruh stakeholders pada ekosistem sektor pariwisata. InJourney berharap di Triwulan II ini kinerja perusahaan akan lebih baik lagi terutama dalam mendukung seluruh program pemerintah khususnya di sektor pariwisata,” pungkas Edwin. 


Rekomendasi Artikel Lainnya

23 November 2021

Pantau Situasi Pandemi Global, Menkes: Tetap Waspada

Pemerintah terus memantau perkembangan situasi pandemi Covid-19 secara global. Presiden Joko Widodo menekankan seluruh masyarakat untuk tetap waspada terutama dalam...

19 November 2021

Pemerintah Kejar Target 70% Populasi Indonesia Mendapat Vaksin

Pemerintah terus memfokuskan upaya dalam mencapai target vaksinasi sebesar 70% dari populasi penduduk menerima vaksin dosis pertama. Target ini diharapkan...

19 November 2021

PPKM Level 3 Diberlakukan di Seluruh Indonesia Saat Natal dan Tahun Baru (24 Desember 2021 - 2 Januari 2022)

Untuk mengantisipasi libur natal dan tahun baru (nataru) dan mencegah lonjakan kasus COVID-19 yang umum terjadi setelah libur panjang, seluruh...

11 November 2021

Tetap Aman di Indonesia

Bagaimana cara melakukan panggilan dengan telepon rumah di Indonesia?Nomor telepon di Indonesia memiliki kode yang berbeda untuk nomor ponsel dan...

11 November 2021

Mata Uang

Apa mata uang di Indonesia?Rupiah merupakan mata uang resmi Indonesia yang diterbitkan dan dikendalikan oleh Bank Indonesia. Kode mata uang...

11 November 2021

Bahasa

Apa bahasa utama di Indonesia?Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan nasional yang digunakan di Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa komunikasi...

11 November 2021

Perbedaan Waktu

Semua yang Perlu Diketahui Tentang Zona Waktu IndonesiaSebagai negara kepulauan yang masif, wajar bila Indonesia memiliki zona waktu yang berbeda...

11 November 2021

Getting to Indonesia

Am I familiar with the visa and immigration policies of Indonesia?Before departing on your exciting adventure across the various wonders...

Subscribe Sekarang

Dapatkan Informasi terkini tentang Injourney untuk kedepannya