26 March 2023

Bandara-Bandara InJourney Group Raih Penghargaan Kelas Dunia

JAKARTA, 24 Maret 2023 - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung menyambut baik berbagai penghargaan prestisius kelas dunia dari Airport Service Quality Awards 2022 dan World Airport Awards Skytrax 2023 yang diberikan kepada bandara-bandara dibawah kelolaan anak usahanya. Penghargaan tersebut tentunya bukti apresiasi dari kerja keras yang dilakukan InJourney dan anak usahanya yaitu PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara dalam meningkatkan pelayanan bandara di Indonesia.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria mengungkapkan bahwa penghargaan ini dicapai berkat kolaborasi dan dukungan dari para stakeholders untuk memberikan service excellence yang berorientasi pada kepentingan pelanggan. “Bandara adalah representasi wajah Indonesia yang memegang peranan penting dalam membentuk kesan pertama atau first impression bagi orang yang berkunjung ke Indonesia dan juga kesan terakhir atau last impression bagi mereka yang meninggalkan Indonesia. Kami mentransformasi bandara dengan pergeseran fokus yang semula berbasis operasional menjadi fokus untuk pelayanan kepada pelanggan,” ungkap Dony.

Lebih lanjut, Dony mengatakan bahwa seluruh pekerjaan untuk memberikan pelayanan di bandara dikerjakan secara detail. Mulai dari kebersihan toilet hingga pelayanan di ruang tunggu. Termasuk memikirkan berapa lama penumpang harus mengantre untuk check-in. Bandara, lanjut Dony, tidak hanya dibuat lebih nyaman, tetapi sekaligus memperbaiki dan meningkatkan kualitas gerai retail di bandara. Hal ini diharapkan membuat penumpang atau pengunjung di bandara akan lebih lama berada di bandara untuk melakukan transaksi belanja.

"Ke depannya, kami juga akan terus membenahi tenant mixing, tampilan gerai hingga penataan produk (virtual merchandising) pada gerai-gerai food and beverages, retail, UMKM, dan sebagainya di bandara. Kami akan atur dan terus melakukan perbaikan sebagai bagian dari pelayanan kepada pengguna jasa bandara agar gerai-gerai yang ada tidak terkesan monoton dan lebih variatif dalam melayani kebutuhan pengguna jasa bandara. Semua peningkatan ini pada akhirnya akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga untuk peningkatan customer satisfaction," jelasnya. 

Dony melanjutkan, saat ini InJourney sedang menjalankan proses transformasi kualitas pelayanan pelanggan untuk bandara-bandara dibawah kelolaannya yang tadinya berbasis airport operator, artinya bandara hanya sebagai tempat naik dan turun penumpang, namun lebih dari sekedar itu bahwa bandara justru harus memberikan lebih banyak layanan yang berfokus untuk meningkatkan customer experience khususnya passenger’s journey selama di bandara. Hal ini merupakan bentuk adaptasi business model bandara yang tengah berkembang dan best practice di industri global saat ini. 

Adapun berikut adalah daftar penghargaan yang diberikan kepada bandara-bandara di bawah kelolaan InJourney Group:

Airport Service Quality (ASQ) Awards 2022 dari Airport Council International (ACI)

  • Best Airports by Size and Region in Asia Pacific
    - Under 2 million passengers per year
        1. Bandara Internasional Pattimura (AMQ)
    - 2 to 5 million passengers per year
        1. Bandara Internasional Adi Soemarmo (SOC)
        2. Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani (SRG)
        3. Bandara Internasional Sultan Mahmudd Badaruddin II (PLM)
    - 5 to 15 million passengers per year
        1. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN)
        2. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)
        3. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)
    - 15 to 25 million passengers per year
        1. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS)
        2. Bandara Internasional Juanda (SUB)

    • Airport with the Most Dedicated Staff in Asia Pacific
          1. Bandara Internasional Pattimura (AMQ)
          2. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)
    • Easiest Airport Journey in Asia Pacific
          1. Bandara Internasional Juanda (SUB)
          2. Bandara Internasional Pattimura (AMQ)
          3. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)
    • Most Enjoyable Airport in Asia Pacific
          1. Bandara Internasional Pattimura (AMQ)
          2. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)
          3. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)
    • Cleanest Airport in Asia Pacific
          1. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)
    • The ACI World Director General’s Roll of Excellence
          1. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS)

    Penghargaan dari Skytrax World Airport Awards 2023

    1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta meraih peringkat ke-43 dalam daftar 100 bandara terbaik di dunia (World’s Best Airport 2023) atau naik 8 tingkat dari posisi 2022.
    2. Bandara Internasional Soekarno-Hatta menembus peringkat ke-9 dalam daftar 10 bandara terbersih di Asia (Asia: The Cleanest Airport 2023).
    3. Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-5 dalam daftar bandara terbaik dunia kategori 40-50 juta penumpang per tahun (Best Airports 2023: 40 to 50 Million Passengers per year).

    Rekomendasi Artikel Lainnya

    23 November 2021

    Pantau Situasi Pandemi Global, Menkes: Tetap Waspada

    Pemerintah terus memantau perkembangan situasi pandemi Covid-19 secara global. Presiden Joko Widodo menekankan seluruh masyarakat untuk tetap waspada terutama dalam...

    19 November 2021

    Pemerintah Kejar Target 70% Populasi Indonesia Mendapat Vaksin

    Pemerintah terus memfokuskan upaya dalam mencapai target vaksinasi sebesar 70% dari populasi penduduk menerima vaksin dosis pertama. Target ini diharapkan...

    19 November 2021

    PPKM Level 3 Diberlakukan di Seluruh Indonesia Saat Natal dan Tahun Baru (24 Desember 2021 - 2 Januari 2022)

    Untuk mengantisipasi libur natal dan tahun baru (nataru) dan mencegah lonjakan kasus COVID-19 yang umum terjadi setelah libur panjang, seluruh...

    11 November 2021

    Tetap Aman di Indonesia

    Bagaimana cara melakukan panggilan dengan telepon rumah di Indonesia?Nomor telepon di Indonesia memiliki kode yang berbeda untuk nomor ponsel dan...

    11 November 2021

    Mata Uang

    Apa mata uang di Indonesia?Rupiah merupakan mata uang resmi Indonesia yang diterbitkan dan dikendalikan oleh Bank Indonesia. Kode mata uang...

    11 November 2021

    Bahasa

    Apa bahasa utama di Indonesia?Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan nasional yang digunakan di Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa komunikasi...

    11 November 2021

    Perbedaan Waktu

    Semua yang Perlu Diketahui Tentang Zona Waktu IndonesiaSebagai negara kepulauan yang masif, wajar bila Indonesia memiliki zona waktu yang berbeda...

    11 November 2021

    Getting to Indonesia

    Am I familiar with the visa and immigration policies of Indonesia?Before departing on your exciting adventure across the various wonders...

    Subscribe Sekarang

    Dapatkan Informasi terkini tentang Injourney untuk kedepannya